Rabu, 24-04-2024
  • AKREDITASI A | SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL | SEKOLAH RAMAH ANAK | CISWA WIDYA CASTRA

NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Diterbitkan :

NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang Guru Penggerak antara lain : 1. Mandiri Mandiri berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Segala perubahan yang terjadi di sekitar kita maupun pada diri kita, muncul dari diri kita sendiri. Ketika kita hanya menunggu sesuatu untuk terjadi, seringkali hal tersebut tidak pernah terjadi. Karena itu seorang Guru Penggerak diharapkan mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan perubahan, untuk memulai sesuatu, untuk mengerjakan sesuatu terkait dengan perubahan apa yang diinginkan untuk terjadi.
2. Reflektif Reflektif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa merefleksikan dan memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri serta pihak lain. Proses perwujudan Profil Pelajar Pancasila, juga perjalanan menjadi Guru Penggerak pastinya akan penuh dengan pengalaman-pengalaman yang bervariasi. Pengalaman-pengalaman ini bisa menimbulkan kesan positif maupun negatif. Dengan mengamalkan nilai reflektif, Guru Penggerak diajak untuk mengevaluasi kembali pengalaman-pengalaman tersebut, hingga bisa menjadi pembelajaran dan panduan untuk menjalankan perannya di masa mendatang.

3. Inovatif Inovatif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasangagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, masalah yang muncul pun juga semakin bervariasi. Untuk bisa mengatasi beragam masalah tersebut, diperlukan lah jiwa inovatif dari seorang Guru Penggerak, agar bisa datang dengan penyelesaian masalah yang mungkin tidak biasa namun tepat guna. Seorang Guru Penggerak yang mempunyai nilai inovatif ini, mampu menggunakan nilai reflektifnya dalam mengevaluasi sebuah proses ataupun masalah, dan mencari gagasan-gagasan lainnya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dibutuhkan kejelian dari seorang Guru Penggerak untuk melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya (baik dari guru lain, murid, kepala sekolah, orang tua murid, komunitas lainnya) untuk mendukung ide orisinal demi menguatkan pembelajaran murid.

4. Kolaboratif Kolaboratif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah (contoh: orang tua murid dan komunitas terkait) dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, seorang Guru Penggerak akan bertemu banyak sekali pihak yang mampu mendukung pencapaian Profil Pelajar Pancasila. Guru Penggerak diharapkan mampu merangkul semua pihak itu.

5. Berpihak pada Murid Berpihak pada murid disini berarti seorang Guru Penggerak selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama. Segala keputusan yang diambil oleh seorang Guru Penggerak didasari pembelajaran murid terlebih dahulu, bukan dirinya sendiri. Segala hal yang kita lakukan, harus tertuju pada perkembangan murid, bukan pada pemuasan diri kita sendiri, maupun orang lain yang berkepentingan. Sebagai Guru Penggerak yang memiliki nilai ini, kita selalu harus mulai berpikir dari pertanyaan “apa yang murid butuhkan?”, “apa yang bisa saya lakukan untuk membuat proses belajar ini lebih baik?” dll.

Dan nilai-nilai tersebut harus diimplementasikan ke dalam perannya sebagai seorang Guru Penggerak baik dikomunitas maupun diluar komunitasnya, yaitu :
1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong wellbeing ekosistem pendidikan sekolah. Pemimpin Pembelajaran berarti seorang Guru Penggerak menjadi seorang pemimpin yang menitikberatkan pada komponen yang terkait erat dengan pembelajaran, seperti kurikulum,, proses belajar mengajar, asesmen pengembangan guru serta komunitas sekolah, dll. Yang dimaksud dengan wellbeing disini terkait dengan kondisi yang sudah berpihak pada murid. Apakah kondisi tersebut sudah membuat murid nyaman untuk belajar? apakah sudah sesuai dengan kebutuhan murid? Apakah lingkungan belajar di sekolah sudah cukup sejahtera agar anak bisa belajar dengan maksimal? Seorang Guru Penggerak tentunya berperan besar dalam membuat lingkungan sekolah yang nyaman untuk para muridnya. Jadi seorang. Guru Penggerak diharapkan mampu berperan sebagai pemimpin yang berorientasi pada murid, dengan memperhatikan segenap aspek pembelajaran yang mendukung tumbuhkembang murid. Sebagai guru, saya menerapkan kepemimpinan pembelajaran di kelas dan di sekolah.

2. Menggerakkan Komunitas Praktisi Menggerakkan komunitas praktik untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya. Seorang Guru Penggerak berpartisipasi aktif dalam membuat komunitas belajar untuk para rekan guru baik di sekolah maupun wilayahnya. Banyaknya praktik baik yang bisa dibagikan dalam komunitas tersebut bisa menjadi bahan pembelajaran untuk para guru sejawat dan tentunya untuk Guru Penggerak tersebut juga.Menggerakkan komunitas praktisi.

3. Menjadi Coach bagi guru lainnya Menjadi coach dan mentor bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah. Seorang Guru Penggerak juga harus mampu mendeteksi aspek-aspek yang bisa ditingkatkan dari rekan sejawatnya. Seorang Guru Penggerak diharapkan juga mampu merefleksikan hasil pengalamannya sendiri serta guru lain untuk dijadikan poin peningkatan untuk pembelajaran. Tidak lupa juga sebagai seorang coach, Guru Penggerak diharapkan juga bisa memantau perkembangan dari rekan guru lain tersebut. Membantu rekan sejawat apabila menemui berbagai masalah terutama masalah pembelajaran.

4. Mendorong Kolaborasi antara guru Mendorong kolaborasi antar guru berarti membuka ruang diskusi positif dan kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada peran ini, seorang Guru
Penggerak diharapkan mampu memetakan para pemangku kepentingan di sekolah (serta luar sekolah), serta membangun dialog antar para pemangku kepentingan tersebut.

5. Mewujudkan Kepemimpinan Murid Mewujudkan kepemimpinan murid berarti mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid di sekolah. Peran seorang Guru Penggerak berarti membantu para murid ini untuk mandiri dalam belajar, mampu memunculkan motivasi murid untuk belajar, juga mendidik karakter murid di sekolah. Membuka ruang diskusi positif dan kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada peran ini, seorang Guru Penggerak diharapkan mampu memetakan para pemangku kepentingan di sekolah (serta luar sekolah), serta membangun dialog antar para pemangku kepentingan tersebut.

Created by : Suhar, S.Pd, (Kaur Kurikulum dan Calon Guru Penggerak)

4 Komentar

exeswees
Kamis, 18 Apr 2024

https://rextester.com/BMC7472

Clapper Apk Mod Clapper Hack 2024 Clapper Free Coins Free Clapper Coins Reddit 2024 Clapper Free Coins How To Get Free Coins On Clapper Clapper Unlimited Coins 2024 Clapper Infinite Coins 2024 Clapper Coins Generator 2024 How To Get Free Coins On Clapper Clapper Coins Glitch Free Clapper Coins 2024 Clapper Coins Glitch 2024 Free Clapper Coins Clapper Coins Glitch 2024 Clapper Infinite Coins Clapper Coins Hack 2024 Clapper Infinite Coins 2024 Clapper Coins Free 2024 Clapper Infinite Coins 2024 Clapper Coins Free Free Clapper Coins Iphone Free Clapper Coins Reddit Clapper Unlimited Coins Free Clapper Coins Clapper Hack Free Clapper Coins Reddit

Balas
Senin, 22 Apr 2024

USIIC.CO is a unique platform created for bloggers and authors who want to publish interesting articles, create groups to attract subscribers and earn money from their content. Community https://usiic.co It is open to anyone who wants to share their ideas and creativity with the whole world.PUBLISH INTERESTING ARTICLES, FOR FREE. CREATE A GROUP TO ATTRACT SUBSCRIBERS. BECOME THE BEST AUTHOR AND MAKE EARNINGS WITH US.

Balas

Beri Komentar

Balasan

Penulis : administrator

Tulisan Lainnya