Senin, 17-06-2024
  • AKREDITASI A | SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL | SEKOLAH RAMAH ANAK | CISWA WIDYA CASTRA

PEMBUATAN LUBANG BIOPORI DI LINGKUNGAN SMPN 1 JAKEN WUJUDKAN HIDUP YANG BERKELANJUTAN

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pada Sabtu, 4 Mei 2024, siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Jaken melaksanakan aksi nyata pembuatan lubang biopori di lingkungan sekolah. Kegiatan ini merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Dengan semangat gotong royong, para siswa bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang lebih ramah dan berkelanjutan.

Pembuatan lubang biopori bertujuan untuk mengatasi masalah genangan air dan meningkatkan resapan air tanah di sekitar sekolah. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mendukung keberlanjutan. Selama kegiatan berlangsung, para siswa dibimbing oleh guru-guru serta mendapatkan arahan teknis dari tenaga ahli lingkungan.

Kepala SMP Negeri 1 Jaken, Bapak Slamet Suladi, S.Pd., M.Pd., menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada siswa kelas 8 atas inisiatif dan kerja keras mereka. “Projek ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis bagi siswa, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi seluruh warga sekolah untuk lebih peduli terhadap kelestarian alam,” ujar beliau.

Siswa-siswi kelas 8 sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk membuat lubang biopori di berbagai titik di sekitar sekolah. Selain itu, mereka juga diajarkan cara merawat lubang biopori agar fungsinya tetap optimal. Melalui kegiatan ini, siswa belajar tentang pentingnya kontribusi individu dalam menjaga lingkungan dan bagaimana tindakan kecil dapat membawa perubahan besar.

Dengan terlaksananya kegiatan pembuatan lubang biopori ini, SMP Negeri 1 Jaken menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui aksi nyata. Kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi bagian dari program rutin sekolah dalam menjaga dan merawat lingkungan. Semoga langkah ini menginspirasi seluruh siswa untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif yang mendukung gaya hidup berkelanjutan.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan